Bertumbuh

Dear My Friends,

Ada satu kisah tentang seorang pendaki gunung.. Berkali2 ia ingin mendaki suatu gunung yang tinggi tetapi belum berhasil..

Dikala ia belum berhasil, ia mengevaluasi apa yg belum cocok/ pas dengan cara pendakiannya, kemudian ia menemukan cara pendakian yg baru dan kemudian ia mendaki lagi..

Setelah melakukan pendekatan baru tersebut, ia tetap belum berhasil mencapai puncak gunung tersebut..

Secara spontan, ia berkata kepada Gunung tersebut: "Hai Gunung, tunggu saya bisa menaklukkan engkau, karena Engkau tetap segini2 saja, tetapi aku bisa bertumbuh !"

Setelah itu ia mengevaluasi lagi apa yg sudah bagus, dan apa yg belum ok untuk mendaki puncak gunung tsb.

Singkat cerita, ia terus melakukan evaluasi apa yg sudah bagus, dan apa yg belum ok untuk mendaki puncak gunung tsb, dan kemudian melakukan nya lagi terus menerus, akhirnya ia berhasil menaklukkan gunung itu.

Moral story dari cerita tersebut adalah tentang bertumbuh.

Seringkali ada tujuan atau target yg ingin kita raih misalkan target di perusahaan dan divisi/ departemen kita masing2, namun bisa jadi kita belum berhasil mencapai puncak Gunungnya.

Namun setelah kita melakukan evaluasi, melakukan analisa, dan kemudian menyusun rencana yg jauh lebih baik dan melakukannya, semakin kita bisa mendekatkan diri kita ke target kita dan akhirnya bisa mencapai target / goal tersebut.

Dalam hal inilah kita perlu bertumbuh, yaitu tiap hari semakin baik, semakin berwawasan, semakin berpengetahuan, semakin bijak..

Dan Tips-nya dalam bertumbuh ini adalah kita perlu juga untuk belajar.

Belajar menurut saya adalah mengisi otak kita yaitu memasukkan informasi/ data/ teknik/ metode ke dalam pikiran kita sehingga suatu saat cepat atau tidak cepat, informasi/ data/ teknik/ metode tsb bisa berguna bagi kita dan perusahaan tempat kita berkarya bagi masyarakat.

Dan belajar bisa dari manapun, misalkan baca buku, baca artikel, ikut seminar, ikut training, bertanya kepada yang sudah berpengalaman, bertanya kepada ahlinya, ngobrol dengan teman2 seperjuangan, melakukan group brainstorming, melakukan coaching mentoring, dll.. Dengan melakukan itu semua, kita bisa menjadi semakin cepat meraih target kita.

Guru saya pernah berkata bahwa: Ambillah minimal 10 menit tiap hari untuk membaca buku..

So, apa yg kita mau pelajari hari ini?


Salam,

Desimon
Thinking Consultant
Prime Education

19 Juli 2017



Agenda Training