Menemukan Pola

Dear My Friends,

Bila ada urutan angka spt ini: 1, 3, 5, 7, ....
Berapakah lanjutan angkanya?
Bila Anda menjawab 9, 11, 13, dst.. berarti Anda benar, karena ini adalah Pola bilangan genap..

Bila ada urutan angka spt ini: 2, 4, 6, 8, ....
Berapakah lanjutan angkanya?
Bila Anda menjawab 10, 12, 14, dst.. berarti Anda benar, karena ini adalah Pola bilangan ganjil..

Bila ada urutan angka spt ini: 0, 1, 1, 2, 3, 5, ....
Berapakah lanjutan angkanya?
Bila Anda menjawab 8, 13, 21, dst berarti Anda benar..

Bagaimana cara menghitungnya? Angka 8 didapat dari 3 + 5 yaitu penjumlahan dua angka sebelumnya,
sedangkan angka 13 didapat dari penjumlahan 5 + 8,
sedangkan angka 21 didapat dari penjumlahan 8 + 13
Dan pola ini adalah pola bilangan fibonaci

So, apa Moral Story-nya? ternyata yg saya alami didalam hidup ini adalah ada yang namanya Pola Pola Kesuksesan dan Pola Pola Kegagalan..

Jadi ketika misalkan kita melakukan serangkaian kegiatan dan ternyata sukses, dan kemudian kita lakukan lagi dan sukses lagi, maka itu adalah pola kesuksesan..

Begitu juga bila misalkan kita di waktu2 lalu menemukan banyak kegagalan, kita bisa menyangka bahwa sebenarnya ada pola kegagalan disitu..

Dan pola2 ini berlaku utk semua hal seperti misalkan di dunia marketing, penjualan/ sales, bisnis, karir, dll bahkan sampai seperti membangun relasi, presentasi dan public speaking

So, bagaimana caranya kita bisa menemukan pola2 kesuksesan maupun kegagalan tersebut?
Saran saya adalah masuklah ke dalam Dapur Berpikir Anda, yaitu menggunakan Tools Berpikir Mind Map dan teknik2 yang telah disharingkan..

Misalkan sebagai contoh di dunia Marketing & Penjualan, di bulan Januari kita melakukan iklan di surat kabar senilai 10 juta rupiah dan mendapatkan jumlah orang yang tertarik adalah 50 orang.. sedangkan di bulan Februari kita beriklan di surat kabar senilai 11 juta rupiah dan mendapatkan orang yang tertarik dengan produk kita adalah 100 orang.. Lalu di Maret kita beriklan 8 juta rupiah dan mendapatkan 150 orang tertarik dengan produk kita

Nah dari sini kita bisa melihat bahwa sebenarnya di Februari & Maret ada pola kesuksesan disitu.. kita bisa masuk ke Dapur Berpikir kita dengan menggunakan Tools Berpikir: pertama2 dengan mem-brainstorming apa saja yang kita lakukan baik di bulan Januari, February dan Maret, lalu kita menganalisisnya dan membandingkannya.. Dari situ kita akan melihat apa saja perbedaan yg membuat perbedaan dan utk bulan selanjutnya kita bisa mengulangi pola2 kesuksesan tsb..

Demikian juga dengan pola2 kegagalan, kita bisa mem-brainstormingnya, lalu menganalisis dan membandingkannya untuk dicari apa perbedaan dari yang biasanya yg kita lakukan sehingga belum sukses..

Tips lainnya adalah ini.. Jadi saya pernah belajar bahwa hasil/ result adalah akibat dari faktor nampak + faktor tidak nampak/ tidak kelihatan..

Nah kebanyakan kita hanya terbiasa untuk mem-brainstorming hal2 yang nampak saja, padahal hal2 yang tak nampak bisa sangat berdampak pada hasilnya..

Hal2 tidak nampak seperti misalkan seperti Emosi kita & team saat kita melakukan itu, keyakinan maupun mind set kita saat itu, tingkat kepercayaan diri kita saat itu, tingkat ke-ikhlas-an kita saat itu, sejauh mana kita sudah melakukan persiapan batin, apa yang kita pikirkan, lihat, dengar, rasakan saat itu, dll

Saya pernah mendengar seorang bijak yang berkata bahwa Hidup ini adalah menemukan Pola..

So, mari kita menemukan pola2 kesuksesan dan kegagalan di hidup kita.. Menemukan Pola kesuksesan supaya kita bisa mengulanginya kembali agar semakin sukses.. Menemukan Pola kegagalan agar kita tidak melakukannya lagi di kemudian hari..

Salam Sukses,

Desimon
Thinking Consultant
Prime Education

24 Juli 2017



Agenda Training